Amanat Pembina Upacara di SD tentang Sopan Santun

Pidato singkat bertema pendidikan yang ditulis dan ditujukan kepada guru SD pada post ini yaitu contoh amanat pembina upacara hari senin yang isinya membahas tentang sopan santun.

amanat pembina upacara di sd tentang sopan santun


Teks atau naskah pidatonya sebagai berikut:

Pembukaan:
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh...
(kata-kata pembukaan selanjutnya dapat melihat pada postingan ini).

Isi Amanat:

Anak-anakku sekalian, siswa-siswi SD ... yang bapak cintai.
Sopan santun merupakan sikap yang mesti dibiasakan sejak masih kecil karena itu termasuk akhlak terpuji. Sikap tersebut dapat menjadikan seseorang dipandang sebagai manusia yang berpendidikan.

Sikap sopan dan santun perlu dimiliki oleh setiap orang karena banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan bersikap demikian. Misalnya: kita akan disenangi orang lain, dihargai, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Siapa orang yang harus kita perlakukan dengan sopan? Kita bisa bersikap sopan terhadap orang-orang di sekeliling kita, seperti orang tua, guru, bahkan teman.

Bagaimana agar kita bisa menerapkan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari?
Caranya mudah, anak-anak. Kita bisa berbicara dengan tutur kata yang lemah-lembut terhadap orang yang lebih tua.

Coba kamu praktek-kan sendiri mulai hari ini bicara menggunakan bahasa yang baik dan halus. Kemudian perhatikanlah orang yang kamu ajak bicara. Besar kemungkinan mereka akan membalasnya dengan gaya bicara yang baik juga.

Sopan santun juga bisa kita praktek-kan dalam hal lain, misalnya dengan berperilaku atau bertindak seperti orang yang rendah hati. Misalnya: ketika kamu berjalan melewati sekumpulan orang, kamu bisa mengucapkan permisi sambil memberikan senyuman.

Hal-hal yang bapak contohkan tadi merupakan sebagian kecil dari perilaku sopan santun yang bisa kita terapkan pada kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Masih banyak sikap sopan-santun lainnya yang belum disebutkan.

Kesimpulan:

Kita sebagai manusia pasti ingin mendapatkan perlakuan sopan dari orang lain di sekitar kita. Oleh sebab itu, jika kita menginginkan itu dari orang lain, maka kita pun mesti memperlakukan orang lain dengan sopan. Sehingga nantinya akan tercipta suatu hubungan yang baik atas dasar saling menghargai satu sama lain.

Hanya itu amanat yang dapat bapak sampaikan pada upacara hari ini. Semoga kamu bisa memaknai apa yang bapak sampaikan, sehingga kamu di masa depan menjadi orang-orang yang baik dan menjunjung tinggi nilai kesopanan baik terhadap orangtua maupun terhadap orang lain secara umum.

Terima kasih sudah memperhatikan.
Billahi fi-sabililhaq.
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh...

0 Response to "Amanat Pembina Upacara di SD tentang Sopan Santun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel